Infografis Nabi Muhammad - Santrijagad

Infografis Nabi Muhammad

Bagikan Artikel Ini
SANTRIJAGAD ~ Dalam rangka memperingati dan mensyukuri nikmat agung yang dikaruniakan oleh Allah berupa kelahiran Baginda Muhammad shallallahu ‘alayhi wa sallam empat belas abad yang lalu, maka kami menyajikan ringkasan hal-hal yang berkaitan dengan beliau. Berupa infografis yang semoga saja mudah diingat oleh kaum muda umat Islam di akhir zaman ini.

A.    Nasab Nabi Muhammad

Dari jalur ayah; Muhammad bin Abdullah bin Abdul Mutthalib bin Hasyim bin Abdu Manaf bin Qushoy bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Lu-ayy bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin Nadhr bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma’ad bin ‘Adnan. Sampai di sini ada ikhtilaf tentang jalur ‘Adnan hingga Nabi Isma’il bin Nabi Ibrahim ‘alayhimassalaam.

Dari jalur ibu: Muhammad bin Aminah binti Wahb bin ‘Abdu Manaf bin Zuhroh bin Kilab bin Murrah dan seterusnya.



Bagan Nasab Nabi Muhammad
B.    Kerabat Nabi Muhammad

Orang Tua: Abdullah dan Aminah, semasa kecil disusui oleh Tsuwaybah al-Aslamiyyah, Halimah as-Sa’diyyah dan Ummu Ayman.

Paman dan Bibi: Harits, Qatsm, Zubair, Hamzah, ‘Abbas, ‘Abdu Manaf (Abu Thalib), ‘Abdul ‘Uzza (Abu Lahab), ‘Abdul Ka’bah, Mughirah (Khijl), Dhirar, Maqwam, Ghidaq, Shafiyyah, ‘Atikah, Arwa, Amimah, Barrah, Ummu Hakim.

Istri-istri: Khadijah binti Khuwailid, ‘Aisyah binti Abu Bakr as-Shiddiq, Saudah binti Zam’ah, Hafshah binti Umar bin Khattab, Zainab binti Khuzaimah, Zainab binti Jahsy, Ummu Salamah binti Abu Umayyah, Ummu Habibah binti Abu Sufyan, Juwairiyyah binti al-Harits al-Khuza’iyyah, Maimunah binti al-Harits al-Hilaliyyah, Shafiyyah binti Huyay an-Nadhiriyyah.

Putra-putri    : Qasim, Abdullah (Thayyib/Thahir), Ibrahim, Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum, Fathimah az-Zahra


Bagan Kerabat Nabi Muhammad
C.    Timeline Riwayat Nabi Muhammad

WAKTU & PERISTIWA

Senin, 12 Rabi’ul Awwal 571 M:  Lahir di Mekah pada Tahun Gajah. Disusui ibundanya selama 3 hari, kemudian oleh Tsuwaibah al-Aslamiyyah, lalu oleh Halimah as-Sa’diyyah di Kampung Bani Sa’ad. Kemudian dikembalikan ke ibunya pada usia 5 tahun.

Usia 3 atau 4 tahun:    Dibedah dadanya oleh malaikat dan dibasuh dengan kesucian.

Usia 6 tahun:    Ibunda Aminah wafat di Kampung Abwa sepulang dari Yatsrib. Kemudian diasuh oleh kakeknya, Abdul Mutthalib, lalu oleh pamannya, Abu Thalib.

Usia 9 tahun:    Ikut pamannya, Abu Thalib, ke Syam. Bertemu dengan pendeta Bukhaira yang membaca tanda kenabiannya.

Usia 25 tahun:    Menikah dengan Khadijah setelah pulang berdagang di Syam. Khadijah janda mulia berusia 40 tahun. Hidup bersama selama 25 tahun.

Usia 35 tahun:    Mendamaikan suku-suku Quraisy dalam sengketa penempatan Hajar Aswad.

Usia 40 tahun, Senin 17 Ramadhan:    Saat bertahannuts di Jabal Nur, bertemu Jibril di Goa Hira, mendapat wahyu pertama.

Usia 43 tahun:    Islam mulai disiarkan secara terang-terangan

Usia 45 tahun:    Para sahabat hijrah ke Habasyah (Ethiopia), terdiri atas 11 lelaki dan 4 wanita, lalu disusul 82 orang.

Usia 47 tahun:    Kaum Quraisy memboikot Bani Hasyim dan Bani Mutthalib di Lembah Abu Thalib dari perdagangan, pernikahan dan pergaulan selama hampir 3 tahun.

Usia 50 tahun:    Tahun kesedihan sebab Abu Thalib wafat dan disusul wafat sang istri, Khadijah, tiga hari setelahnya, ada pula riwayat lain; tiga bulan setelahnya.

Usia 52 tahun:    Isra’ Mi’raj dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, kemudian diangkat ke Sidratil Muntaha.

Usia 53 tahun 1 H:    Terjadinya Bai’atul ‘Aqabah, sebanyak 73 lelaki dan 2 wanita dari suku Aus dan Khazraj berbai’at kepada Nabi. Beberapa saat kemudian, beliau hijrah ke Yatsrib (Madinah). Tiba di sana pada hari Senin 12 Rabi’ul Awwal. Membangun Masjid Quba’ dan Masjid Nabawi.

Usia 54 tahun 2 H:    Mendapat izin untuk jihad berperang. Diwajibkan puasa Ramadhan dan menunaikan zakat. Terjadinya Perang Badar Kubra pada Jum’at 17 Ramadhan.

Usia 55 tahun 3 H:    Perang Uhud, Perang Hamra’, Perang Badar Shughra. Di tahun-tahun berikutnya banyak terjadi peperangan.

Usia 58 tahun 6 H:    Mendapatkan perintah kewajiban Haji. Terjadinya Perjanjian Hudaibiyah dan Bai’atur Ridhwan dengan orang Kaum Kafir Quraisy.

Usia 60 tahun 8 H:    Fathu Makkah, terjadi pada bulan Ramadhan.  Pembersihan Ka’bah dari berhala-berhala di Hari Kasih Sayang (Yaumul Marhamah) itu.

Usia 62 tahun 10 H:    Haji Wada’ (perpisahan). Berangkat dari Madinah bersama para istri dan sahabat beliau.

Usia 63 tahun 11 H:    Wafat pada hari Senin di Madinah al-Munawwarah setelah sakit selama 14 hari. Dimakamkan di kamar beliau, bersebelahan dengan Masjid Nabawi.

Timeline singkat kehidupan Rasulullah
Demikian infografis yang memuat sekelumit informasi tentang Nabi Muhammad shallallahu ‘alayhi wasallam. Semoga bermanfaat. [Zq]

*Diolah oleh Santrijagad dari: Tarikh al-Hawadits wa al-Ahwal an-Nabawiyyah (Karya As-Sayyid Muhammad bin ‘Alawi al-Maliki, Makkah)

No comments:

Post a Comment