Habib Ali al-Jufri: Wasiat-Wasiat Rasulullah - Santrijagad

Habib Ali al-Jufri: Wasiat-Wasiat Rasulullah

Share This
OLEH: HABIB ALI AL-JUFRI
 
“Ya Rasulullah, berwasiatlah kepada kami,” ujar para sahabat.
 
Kala itu, di antara yang diwasiatkan Rasulullah SAW, “Berwasiatlah kalian terhadap para wanita dengan kebaikan.”
 
 
Habib Ali Al-Jufri
 
Wasiat ini menyimpan makna yang luar biasa yang beliau katakan di saat beliau hendak mengucapkan salam perpisahan kepada sekalian umatnya. Maknanya, agar kita mewujudkan hubungan yang baik sesama kita sepeninggal beliau, yang dengannya kehidupan akan berjalan harmonis. Beliau mewasiatkan ini agar kita dapat menggapai kehidupan yang sebenarnya, yaitu tatakala kita menajalani kehidupan ini penuh dengan kebaikan.
 
Beliau juga berwasiat, “Dan berwasiatlah kalian dengan baik terhadap keluargaku.” Beliau ingin kita dapat terus hidup berkesinambungan dengan beliau.
 
Kenapa beliau mengatakan “keluarga” yang dinisbahkan sebagai keluarga beliau, “Keluargaku”. Hal itu disebabkan beliau ingin mengajarkan kepada kita bahwasanya perpindahan beliau dari alam dunia tidak dimaksudkan sebagai terputusnya hubungan umat dengan beliau. Seakan beliau mengatakan, “Hubungan kalian denganku tak akan terputus selagi kalian berhubungan dengan keluargaku.”
 
Wasiat beliau lainnya, “Janganlah kalian menjadi kafir selepas kepergianku dan janganlah kalian berperang satu sama lain.”
 
Beliau pun terus berwasiat kepada para sahabat dengan wasiat-wasiat lain yang beliau berikan kepada mereka. Sebagian di antara mereka mengatakan, “Ya Rasululla, jika engkau wafat, siapakah yang akan memandikanmu?”
 
Beliau menjawab, “Seseorang di antara ahlul baytku.”
 
Hati mereka amat tersentuh dengan perpisahan yang akan mereka lalui, perpisahan antara mereka dengan Rasulullah.
 
Kemudian mereka berkata lagi, “Dengan apa engkau akan kami kafankan?”
 
Saat melihat rasa gundah melanda hati para sahabatnya, air mata Rasulullah SAW pun berlinang. Beliau menjawab, “Bahan dalam pakaianku ini atau kain dari Yaman atau jubah dari Syam atau kapas dari Mesir.”
 
Sumber: al-Kisah No. 05/7 – 20 Maret 2011 halaman 11.

No comments:

Post a Comment