Perayaan Maulid Nabi di Berbagai Penjuru Dunia (4 – Timur Tengah & Amerika) - Santrijagad

Perayaan Maulid Nabi di Berbagai Penjuru Dunia (4 – Timur Tengah & Amerika)

Bagikan Artikel Ini
SANTRIJAGAD ~ Sebagaimana di Asia, Afrika, Eropa, dan Australia, kaum muslimin di Amerika dan Timur Tengah pun mengekspresikan kegembiraan mereka atas elahiran Baginda Nabi Muhammad saw. dengan perayaan dan acara-acara seremonial.

Di Timur Tengah, hari kelahiran Nabi Muhammad pada 12 Rabi’ul Awwal dijadikan sebagai ‘tanggal merah’ aau Hari Libur Nasional. Hal ini berlaku di Bahrain, Iran, Iraq, Jordan, Kuwait, Lebanon, Oman, Palestina, Suriah, United Emirat Arab, dan Yemen. Di negara-negara ini, Maulid Nabi digelar secara resmi oleh pemerintah maupun secara mandiri oleh masyaraka di komunitas masing-masing.

Di Oman, perayaan Maulid dihadiri oleh Raja Abdullah II di istana negara. Di Suriah, presiden beserta para menteri berkumpul bersama para mufti dan ulama, serta masyarakat untuk merayakan Maulid Nabi di masjid ibukotanya. Di Bahrain, perayaan maulid juga disiarkan melalui televisi nasional. Di Palestina, masyarakat mengadakan pawai besar dari Qubbatus Shakhra menuju Masjidul Aqsha diiringi arak-arakan marching band kepanduan. Perayaan Maulid Nabi juga digelar di Masjid Ibrahil al-Khalil di West Bank, Hebron, Palestina.
Maulid di Lebanon
Maulid di Irbil, Iraq
Maulid di Oman
Maulid di Yordania
Maulid di Suriah
Maulid di Palestina
Adapun tiga negara di Timur Tengah tidak menjadikan hari maulid sebagai hari besar, yakni Israel, Arab Saudi, dan Qatar. Meski begitu, perayaan Maulid Nabi tetap dilaksanakan oleh komunitas-komunitas masyarakat muslim yang ada di sana, misalnya di Rushaifah Mekkah, Jeddah, juga Madinah. Kecuali di Israel.
Maulid di Mekah
Maulid di Saudi Arabia
Di Amerika juga demikian. Komunitas-komunitas kaum muslimin di negeri Paman Sam ini juga merayakan Maulid Nabi di lingkungan masing-masing. Beberapa organisasi keislaman yang menyelenggarakannya missal; AICPA (Association of Islamic Charitable Projects), Minhaj-ul-Qur’an International, Zaytuna College, Harari, maupun lainnya. Acara maulid digelar di berbagai lokasi, di California, Philadelphia, Montreal, Los Angeles, New York, Washington, dan lainnya. Perhelatan ini kebanyakan diisi dengan rangkaian acara formal, sambutan-sambutan para tokoh, ceramah keagamaan, dialog, dan jamuan makan.

Maulid di New York
Maulid di California
Maulid di Los Angeles
Maulid di California
Maulid di Toronto, Kanada
Demikian sekilas jendela tentang perayaan-perayaan maulid di Asia dan Australia. Semoga setiap kaum muslimin, baik yang merayakan maulid secara seremonial maupun tidak, betul-betul memahami dan menghayati kecintaan dan kerinduan kepada Baginda Nabi Muhammad, shollallohu ‘alaihi wa sallam. [Zq]

Baca juga:
Perayaan Maulid Nabi di Berbagai Penjuru Dunia (1 - Afrika)
Perayaan Maulid Nabi di Berbagai Penjuru Dunia (2 - Eropa)
Perayaan Maulid Nabi di Berbagai Penjuru Dunia (3 - Asia & Australia)
Perayaan Maulid Nabi di Berbagai Penjuru Dunia (4 – Timur Tengah & Amerika)
Video Perayaan Maulid Nabi di Berbagai Negara

No comments:

Post a Comment