“Jangan datang lagi,” kata Syekh kepada Sultan - Santrijagad

“Jangan datang lagi,” kata Syekh kepada Sultan

Bagikan Artikel Ini
Bertahun-tahun silam, seorang sultan kekaisaran Ottoman mengunjungi salah satu syekh besar di Istanbul. Dia mengaku sangat terkesan dengan kebijaksanaan dan ketulusan syekh, serta mulai datang secara teratur untuk menghadiri majlis sang syekh.
majlis
Setelah beberapa waktu, sultan berkata, "Aku datang untuk mencintai Anda dan ajaran Anda. Jika ada sesuatu yang Anda inginkan atau butuhkan, silakan katakana dan saya akan memberikannya jika hal itu berada dalam kekuasaan saya." Kata-kata ini bagaikan tawaran cek kosong dari salah satu orang terkaya dan terkuat di bumi saat itu.

Sheikh itu menjawab, "Ya, ada satu hal yang dapat Anda lakukan untuk saya. Tolong jangan datang lagi."

Sultan heran dan bertanya, "Apakah aku melakukan sesuatu yang menyinggung perasaan Anda? Jika demikian, terimalah permintaan maaf saya."

Syekh itu menjawab, "Tidak, masalahnya bukan Anda, melainkan para santri saya. Sebelum Anda mulai mengunjungi kami, mereka selalu berdoa dan berzikir untuk Tuhan, mencari berkah hanya dari Allah. Sekarang pikiran mereka sibuk dengan bagaimana agar bisa membuat Anda senang dan mengharapkan hadiah dari Anda. Saya harus meminta Anda untuk tidak datang kembali karena kejiwaan kami belum cukup dewasa untuk menerima kehadiran Anda di sini." [Zq]

*Sumber: kisah oleh Idries Shah

No comments:

Post a Comment